Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Cara Buat dan Hapus UserForm di VBA Excel

Pada pembuatan aplikasi dengan VBA apsti tidak terlepas dari yang namanya membuat atau menggunakan UserForm, pada UserForm inilah kita bisa menempatkan toolbox seperti textbox, label, combobox, command_button dan lain-lain yang nantinya bisa di kembangkan menjadi sebuah aplikasi seperti contoh membuat Form Entry Data, Form Login dan sebagainya.

Untuk membuat Form Login di VBA Excel setidaknya ada tiga cara yaitu:

    1. Melalui Menu Utama, yakni dengan memilih menu Insert dan pilih UserForm.
      Insert Userform
    2. Melalui Toolbar, yakni dengan cara mengklik pada toolbar Insert UserForm.
      Insert Userform
    3. Melalui VBAProject, yakni dengan mengklik kanan pada objek yang terdapat pada VBAProject dan memilih menu Insert – UserForm.
      Insert Userform

Hasilnya pada VBAPpoject akan tampil objek baru yakni UserForm1 dan jika di double klik maka akan tampil UserForm beserta ToolBox yang siap digunakan.

UserForm Excel

Kita bisa mengubah Title pada UserForm, Warna dan sebagainya pada bagian jendela Properties dan untuk memasukkan toolbox seperti textbox, label dan lain-lain ke dalam UserForm caranya pun sangat mudah, yaitu bisa dengan dua cara:

  1. Dengan klik pada toolbox yg di pilih dan tarik ke bagian UserForm.
  2. Lakukan Double klik pada tolbox yang ingin di gunakan, dan otomatis toolbox yang di pilih akan tampil di UserForm.

Nah, setelah kita tahu cara membuat UserForm, selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus UserForm tersebut, misalnya karena alasan kita tidak membutuhkan UserForm atau alasan lainnya. Untuk menghapus sebuah UserForm pada VBA Excel caranya adalah klik kanan pda objek UserForm yang ada pada VBAProject dan pilih Remove UserForm.

Remove UserForm

Jika muncul peringatan untuk mengexport UserForm sebelum di hapus, pilih saja No atau jika ingin mennyimpan atau mengexportnya silahkan pilih Yes, maka akan tampil jendela Export File, pada bagian File Namenya isikan nama UserForm setelah itu klik tombol Save untuk mulai menyimpan atau mengexport.

Begitulah cara membuat dan menghapus UserForm di Excel, Selamat Mencoba dan Salam Exceler…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.