Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Mengenal Lingkungan kerja VBA Excel

Sebelum berlanjut membahas tentang VBA mari kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dan fungsi dari VBA. VBA (Visual basic for Application) atau juga disebut macro adalah fungsi dan perintah program yang terdapat di aplikasi Microsoft Office (termasuk juga pada Excel) yang disimpan dalam bahasa Visual Basic, dengan VBA ini pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Office bisa di otomatisasikan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi VBA (Visual Basic for Application) di Excel, alangkah baiknya kita pelajari dulu tentang lingkungan kerja di VBA Excel. Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara mengaktifkan developer tab / tab developer yang salah satu tombol yang terdapat pada developer tab tersebut berguna untuk menampilkan jendela VBA Excel yaitu yang bertuliskan Visual Basic atau bisa juga dengan menggunakan keyboard / shortcut yaitu dengan menekan tombol ALT+F11. Maka Aplikasi Microsoft Visual Basic akan di tampilkan.

Berikut tampilan Aplikasi Microsoft Visual Basic di Excel.

VBA Excel

Pada bagian teratas ada sebuah Title Microsoft Visual Basic for Applications, dan berikut penjelasan selengkapnya berdasarkan nomor yang tertera pada gambar di atas:

  1. Menu Utama: berisi menu-menu utama beserta sub menu yang di gunakan di VBA Excel, diantaranya seperti menu File, Edit, View , Insert, Format, Debug, Run, Tools dan lain-lain.
  2. Toolbar: berisi tombol/button yang sering di pakai seperti tombol  Insert,  save, Cut, Copy, Paste dan lain-lain.
  3. VBAProject: digunakan untuk memilih objek-objek tertentu pada sebuah workbook Excel, seperti Sheet, workbook dan lain-lain. Ketika kita menambah objek baru seperti UserForm maupun Module maka akan di tampilkan juga pada bagian VBAProject ini. Dan jika kita memilih objek tertentu dengan double klik maka akan tampil jendela kode untuk objek tersebut.
  4. Properties: berguna menampilkan nilai properti dari sebuah objek yang telah di pilih pada VBAProject.
  5. Jendela Code: di jendela kode ini kita bisa memilih objek dan event untuk menangani event tertentu dari sebuah objek. Objek bisa di pilih dari combobox sebelah kiri, sedangkan event atau method bisa di pilih dari combobox sebalah kanan.
    Objek n Event VBA Excel

Sekian tutorial tentang lingkungan kerja di VBA Excel, Salam Exceler…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *