Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Cara Menyembunyikan Baris dan Kolom di Excel

Tahukah Anda ada berapa jumlah baris dan kolom di Excel 2013???

Di setiap sheet pada Excel 2013 ada 1.048.576 baris dan 16.384 kolom atau 17. 179.869.184 (17 Milyar ++) Sel, Itu baru satu sheet saja, bagaimana jika pada sebuah workbook terdiri dari 2 / 3 sheet?? berapa banyak selnya…  

Meski Excel telah menyediakan banyak sel, namun biasanya jarang yang menggunakannya sampai habis, kebanyakan hanya menggunakan sampai ratusan atau ribuan aja. Nah Sel-sel yang tidak di pakai bisa di sembunyikan supaya kelihat lebih rapi.

Bagaimana cara menyembunyikan sel atau baris dan kolom di Excel??

Jangan khawatir caranya sangat mudah kok, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyembunyikan sel atau baris dan kolom di Excel??

Cara Menyembunyikan Baris di Excel

Misal baris yang ingin disembunyikan di mulai dari baris ke 16, maka klik terlebih dahulu baris 16 boleh di Sel mana saja, misal di sel A16. Kemudian setelah itu tekan tombol Ctrl+Shift+Arrow Down pada keyboard yang berfungsi untuk memblok / select sel A16 sampai sel A1.048.576, kemudian pada tab Home pilih menu FormatHide & UnhideHide Rows atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+9.

Hide Rows Excel 2013

 Maka baris ke 16 sampai baris ke 1.048.576 menjadi tidak kelihatan alias tersembunyi. Jika ingin menampilkan kembali baris atau sel yang tadi telah di sembunyikan, caranya sedikit berbeda, yaitu:

  1. Blok terlebih dahulu semua baris dan kolom di Excel, dengan cara mengarahkan pointer atau cursor ke pojok kiri atas label baris dan kolom excel, kemudian klik sekali untuk memblok semua sel pada sheet Excel.
    Select All Cell Excel
  2. Kemudian pada tab Home, pilih menu FormatHide & UnhideUnhide Rows atau tekan tombol Ctrl+Shift+( (kurung buka).
  3. Maka baris yang tadi disembunyikan akan di tampilkan kembali.

Begitulah cara menyembunyikan baris (row) di excel, Selanjutnya adalah bagaimana menyembunyikan kolom (Column) di Excel?? silahkan baca dan ikuti caranya di halaman berikutnya (2).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *