Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Cara Menyimpan Workbook Excel

Dokumen yang dihasilkan oleh Excel biasa di sebut dengan workbook, untuk menyimpan workbook pada aplikasi Excel caranya hampir sma dengan jika kita ingin menyimpan dokumen di aplikasi Microsoft Word yaitu:

  1. Pada Office 2013 klik menu File > Save As > Computer dan pilih Folder tempat menyimpan File.Save As Workbook 2013
  2. Selanjutnya akan tampil jendela Save As, dibagian File Name kita bisa memasukkan nama workbook yang ingin di simpan dan dibagian Save as type bisa gunakan untuk mengubah type workbook, default untuk Excel 2007 keatas adalah *.xlsx.
  3. Terakhir tekan tombol Save untuk menyimpan workbook.

Pada Save as Type terdapat beberapa macam ekstensi yang bisa di hasilkan oleh aplikasi Microsoft Excel, berikut beberapa di antaranya yang sering digunakan:

  1. *.xlsx (Excel Workbook) adalah ekstensi default pada aplikasi Microsoft Excel 2007 keatas, File *.xlsx dibuat berbasis XML dan karena alasan keamanan tidak bisa digunakan untuk menyimpan script Macro / VBA.
  2. *.xlsm (Excel Macro-Enabled Workbook) fungsinya sama seperti *.xlsx hanya saja bisa digunakan untuk menyimpan Macro / VBA , jadi jika dokumen Excel yang kita buat ada Macronya maka ketika menyimpan pilihkan ekstensi *.xlsm agar script macro yang ada di dokumen Excel tersebut ikut tersimpan.
  3. *.xlsb (Excel Binary Workbook) adalah ekstensi yang disediakan aplikasi Microsoft Excel yang fungsinya sama dengan *.xlsm atau bisa digunakan untuk menyimpan Macro, hanya saja dikodekan dalam bentuk biner jadi lebih cepat dan ukuran filenya menjadi lebih kecil, sehingga cocok digunakan untuk menyimpan dokumen Excel yang berisi ribuan baris dan kolom.
  4. *.xls (Excel 97 – 2003 Workbook) adalah format ekstensi pada Excel 97 – 2003, workbook ini dibuat berformat BIFF dan bisa digunakan untuk menyimpan Macro / VBA. Jika workbook yang kita simpan agar bisa dibuka di versi Excel 2007 ke bawah maka gunakan pilihan ekstensi *.xls ini.
  5. *.xlam ( Excel Add-In) dan *.xla (Excel 97 -2003 Add-In) adalah ekstensi workbook yang digunakan untuk membuat Add-In pada Excel 2007 ke atas (*.xlam) dan Add-In Excel 97 -2003 (*.xla).
  6. *.pdf (PDF) digunakan untuk menyimpan workbook menjadi format PDF, untuk Excel 2007 harus terlebih dahulu di pasang Adds-in PDF tapi untuk Excel versi 2010 ke atas sudah tersedia di bagian Save As Type.
  7. *.ods (OpenDocument Spreadsheet) digunakan untuk menyimpan Workbook menjadi format ods, sehingga bisa di buka dengan aplikasi Open Office dan sejenisnya.

Begitulah cara menyimpan workbook Excel serta penjelasan mengenai ekstensi Excel yang sering digunakan, Salam Exceler…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *