Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Cara Tambah Button pada Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar pertama kali diperkenalkan pada Excel 2007. Quick Access Toolbar merupakan sekumpulan tombol-tombol (button) untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu, yang bisa kita tambahkan atau kurangi. Biasanya para pengguna Excel akan menambahkan tombol-tombol yang sering digunakan.

Kita juga bisa memilih apakah Quick Access Toolbar ingin di letakkan di atas Ribbon (Default) atau bisa juga di bawah Ribbon yaitu dengan mengklik tanda panah ke bawah pada sebelah kanan Quick Access Toolbar dan pilih Show Below the Ribbon, maka Quick Access Toolbar akan berpindah ke bawah Ribbon.

Show Below the Ribbon

Dan jika ingin memindahkan lagi ke atas Ribbon caranya sama seperti memindahkan ke bawah hanya saja yang di klik adalah pilihan Show Above the Ribbon.

Untuk menambahkan Tombol tertentu pada Quick Access Toolbar bisa menggunakan 3 cara:

  1. Dengan mengklik pada tanda panah ke bawah pada sebelah kanan Quick Access Toolbar, kemudian lakukan centang pada tombol yang ingin di tampilkan misal tombol New, Open, Save dan lain-lain, atau hapus centangnya untuk menghapus tombol dari Quick Access Toolbar, Sehingga sangat mudah untuk di pilih, namun kekuranganya tombol-tombol yang tersedia hanya ada beberapa tombol saja.
    tambah tombol QAT
  2. Masih sama seperti cara pertama yaitu dengan mengklik pada tanda panah ke bawah pada sebelah kanan Quick Access Toolbar, tapi kali ini kita memilih pilihan More Commands…
    More Command QAT
    maka jendela akan tampil jendela Excel options, pada combobox Choose commands from: pilih All Commands untuk menampilkan semua tombol, pilih tombol yang ingin di tambahkan ke Quick Access Toolbar, misalnya memilih tombol Page Setup dan klik Add untuk memasukkan ke Quick Access Toolbar, selanjutnya klik OK untuk menyimpan pengaturan. Maka tombol Page Setup akan tampil di Quick Access Toolbar.
    Excel Options QAT
  3. Selain menggunakan 2 cara di atas, ada lagi cara yang lebih mudah yaitu dengan memilih tombol pada Ribbon dan melakukan klik kanan pada tombol tersebut kemudian memilih Add to Quick Access Toolbar.
    Add to QAT

Begitulah 3 cara menambahkan tombol di Quick Access Toolbar, mungkin masih ada cara lain yang bisa di pakai?? Silahkan di cari sendiri ya 🙂 Sedangkan jika kita ingin menghapus tombol-tombol yang ada di Quick Access Toolbar cara termudah adalah klik kanan pada tombol yang ingin di hapus dan pilih Remove from Quick Access Toolbar.

Remove from QAT

Mudah bukan?? Selamat mencoba dan Salam Exceler…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.