Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Fungsi Tombol Wrap Text di Excel

Ketika menuliskan sebuah teks yang panjang pada sebuah sel, maka biasanya teks tersebut akan menimpa pada sel berikutnya itu karena lebar selnya tidak cukup, Namun jika sel berikutnya terdapat data atau teks maka teks yang panjang tadi akan kelihatan seperti terpotong. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

menulis teks panjang di excel

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya bisa dengan cara melebarkan ukuran kolomnya misalnya untuk melebarkan ukuran sel pada kolom B bisa dengan cara mengarahkan cursor di antara kolom B dan kolom C sampai muncul tanda + kemudian klik dan tahan kemudian geser ke kanan sampai mendapatkan lebar yang diinginkan.

atur lebar kolom excel

atau bisa juga dengan mengklik tab HomeFormatColumn Width.

Selain melebarkan kolom kita juga bisa menggunakan cara yang lain, karena kalau kolom nya terlalu lebar pasti juga akan membuat kita jadi kerepotan waktu mencetaknya nanti, bisa-bisa jadi satu lembar hanya untuk satu kolom saja. Untuk kita kita bisa menggunakan tombol Wrap Text, dengan tombol ini akan membuat teks menyesuaikan dengan lebar sel. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu:

  1. Pilih sel yang ingin di buat Wrap Text.
  2. Klik tombol Wrap Text pada tab Home.
    Wrap Text Excel
  3. Atau bisa juga dengan cara klik kanan pada sel, dan pilih menu Format Cells... untuk menampilkan jendela Format Cells, selain cara tersebut untuk menampilkan jendela Format Cells bisa juga melalui tab HomeFormatFormat Cells
  4. Setelah jendela Format Cells di tampilkan, pilih tab Alignment dan centang pilihan Wrap Text kemudian klik OK.

Dengan begitu maka teks akan menyesuaikan dengan lebar sel, begitulah fungsi dari tombol Wrap Text di Excel, Selamat Mencoba dan Salam Exceler….

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.