Mendaftar Butuh bantuan tentang Excel?? Gabung aja di
Forum BE-ORG

Cara Menghitung Total Bayar dengan Excel

Salah satu fungsi dari aplikasi Microsoft Excel adalah untuk melakukan proses perhitungan secara otomatis, Misalnya kita yang mempunyai Rumah Makan dan ingin menghitung berapa total yang harus di bayar oleh pelanggan dan sebagainya.

Contohnya seperti gambar berikut ini:

Hitung Total Bayar

Pada gambar tersebut kita akan menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan sebuah Rumah Makan, dan hasil perhitunganya nanti akan ditampilkan di sel C6.

Untuk menghitung total bayar yang harus di bayar pelanggan tentulah harus menggunakan rumus perkalian, dalam excel rumus perkalian adalah dengan menggunakan tanda bintang (*), berikut beberapa cara menghitung total bayar dengan Excel.

  1. Dengan rumus dasar perkalian Excel (*)
    Pada sel C6 masukkan rumus =B2*C2+B3*C3+B4*C4 hasilnya 35.000.
  2. Dengan Formula SUM
    Pada Sel C6 masukkan rumus =SUM(B2*C2;B3*C3;B4*C4) hasilnya 35.000.
  3. Dengan Formula SUM with Array
    Pada Sel C6 masukkan rumus =SUM(B2:B4*C2:C4) setelah selesai memasukkan rumus jangan langsung menekan tombol Enter, tapi tekan 3 tombol bersama-sama yaitu tombol Ctrl+Shift+Enter hasilnya rumus akan berubah menjadi Array Formula ditandai ({ }) di awal dan akhir rumus, hasilnya 35.000.
  4. Dengan Formula SUMPRODUCT
    Pada sel C6 masukkan rumus =SUMPRODUCT(B2:B4*C2:C4) hasilnya 35.000. atau bisa juga menggunakan rumus =SUMPRODUCT(B2:B4;C2:C4).
    Hitung Total Bayar dengan Excel

Inilah salah satu keunikan aplikasi Excel, meski menggunakan rumus yang berbeda namun hasilnya tetap sama, sekarang terserah Anda ingin menggunakan rumus yang mana. Selamat Mencoba dan Salam Exceler…

 

Referensi:

https://belajarexcel.org/12-rumus-menghitung-total-bayar

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *